Berencana ingin memasang panel surya di atap rumah? Anda tidak sendiri, saat ini semakin banyak masyarakat berminat untuk menggunakan sumber energi listrik alternatif selain jaringan listrik kabel PLN yang saat ini dipergunakan. Ada banyak alasan untuk menggunakan sumber energi selain PLN, mulai alasan untuk menghemat tagihan biaya listrik bulanan sampai untuk menjaga bumi kita dari kerusakan akibat polusi (go green).

Ada banyak sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan dari alam terutama sumber energi baru dan terbarukan, seperti tenaga surya (fotovoltaik), tenaga angin, tenaga air, panas bumi, dan sumber energi lainya.

Indonesia sendiri berada di wilayah garis katulistiwa, dimana cahaya matahari berlimpah di semua wilayah, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Baca juga >> Indonesia Kaya Energi Surya, Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya oleh Masyarakat Tidak Boleh Ditunda

Memasang panel surya atap rumah

Jika kita ingin memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi listrik dan ingin memasang panel surya di atap rumah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, masalah keuangan, kita harus memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sistem pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS rumahan. Berapa daya listrik yang kita butuhkan, kemudian diperhitungkan dengan jumlah dan kekuatan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik kita. Kedua, adalah menentukan teknisi atau perusahaan untuk instalasi PLTS atap rumahan.

Memasang PLTS atap rumahan adalah sebuah investasi jangka panjang, di sini kita harus mempertimbangkan total investasi yang dikeluarkan untuk membangun PLTS tersebut dan juga diperhitungkan penghematan tagihan listrik setiap bulan yang didapatkan dari pemanfaatan energi listrik tenaga surya.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah kondisi atap rumah kita. Berapakah umur bangunan kita? Material apa yang terpasang di atap rumah, apakah dak cor, rangka baja, rangka kayu, jenis genting? Dari sini kita bisa menentukan bagaimana cara dan teknik memasang panel surya di atap rumah.

  • Sistem mounting panel surya atap Matrix III
  • mounting panel surya atap rumah matrix 2
  • Sistem Mounting Panel Surya Atap Matrix I

Panel surya sendiri ada beberapa jenis, yaitu dengan panel surya monocrystalline dengan tingkat efisiensi tinggi yang tentu saja lebih mahal karena bisa menyerap cahaya matahari lebih efisien. Dengan panel surya yang memiliki efisiensi tinggi, kita bisa menggunakan lebih sedikit panel surya (cocok untuk ukuran bidang atap rumah yang terbatas). Tapi, jika dana kita terbatas, kita bisa memanfaatkan jenis panel surya polycrystalline yang memiliki tingkat efisiensi lebih rendah dan membutuhkan bidang atap yang lebih luas karena akan membutuhkan panel surya lebih banyak.

  • Panel surya SNI TKDN 400WP monocrystalline Jembo
  • Panel surya SNI 380WP TKDN monocrystalline Jembo
  • Solar panel TKDN monocrystalline 375WP Jembo
  • Panel surya 370WP TKDN monocrystalline Jembo

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah memilih teknisi untuk instalasi PLTS atap rumahan yang terpercaya dan berpengalaman. Membangun PLTS atap rumah tidak hanya memasang panel surya di atap rumah, tetapi juga membangun jaringan dari panel surya dengan inverter dan kontroller yang terhubung atau terkoneksi dengan jaringan listrik PLN atau biasa disebut dengan PLTS On Grid, atau PLTS Off Grid yang tidak terhubung dengan PLN tetapi memanfaatkan baterai untuk menyimpan energi listrik dari panel surya.

Dalam memilih teknisi atau perusahaan untuk memasang sistem PLTS atap rumah kita juga harus mempertimbangkan hal. Berapa lama perusahaan tersebut berdiri dan bergerak di bidang tenaga surya dan apa saja yang dikerjakan perusahaan tersebut mulai dari produk-produk tenaga surya yang dimiliki hingga pengalaman kerja menangani hal-hal yang berkaitan dengan tenaga surya termasuk PLTS.

  • plts on grid 17kw di tangerang
  • instalasi plts on grid 15kw kelapa gading

Jika perusahaan tersebut juga bergerak di bidang penjualan peralatan tenaga surya mulai dari lampu, pompa, pembangkit listrik, SHS (Solar Home System), bisa dipastikan perusahaan itu memiliki pengetahuan dan menguasai karakter produk termasuk kelebihan dan kekurangan setiap produk. Pengalaman mengerjakan atau menangani sistem tenaga surya juga menjadi pertimbangan utama, jika teknisi perusahaan tersebut banyak mengerjakan sistem tenaga surya baik itu sistem tenaga surya untuk penerangan jalan, pompa air, dan pembangkit listrik tenaga surya, tentunya kemampuannya tidak perlu diragukan lagi.

Setelah kita tentukan perusahaan untuk membangun PLTS atap, langkah berikutnya adalah konsultasi dengan teknisi perusahaan tersebut untuk membangun PLTS sesuai dengan yang kita inginkan. Survei lokasi dan kondisi, menentukan komponen yang akan dipergunakan, hingga lama pengerjaan sampai siap dipergunakan termasuk masa garansi setelah pemasangan selesai dari perusahaan tersebut.

Langkah terakhir adalah proses pengerjaan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk rumahan atau skala besar silakan hubungi kami.

Hubungi Kami