Apa manfaat penggunaan lampu jalan dengan tenaga surya di Bualemo? Bualemo adalah sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Posisi kecamatan ini ada di sisi utara Kabupaten Banggai, dengan wilayah geografis berupa pantai, dataran rendah, dan pegunungan.

Sebagai wilayah dengan posisi yang dekat dengan garis khatulistiwa, tentunya Kecamatan Bualemo dan wilayah lain di Kabupaten Banggai memiliki potensi sumber energi yang sangat besar dari cahaya matahari. Potensi sumber energi cahaya matahari ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik salah satunya adalah untuk lampu penerangan jalan.

Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah

Wilayah Kecamatan Bualemo dan kecamatan lain Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sumber: banggaikab.go.id)

Penggunaan lampu penerangan jalan tenaga surya atau biasa juga disebut PJUTS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) akan memberikan banyak keuntungan. Dengan lampu tenaga surya, kita akan mendapatkan penghematan biaya listrik dalam jangka panjang, berbeda dengan jika kita menggunakan sumber listrik dari PLN dimana kita dibebani biaya tagihan listrik setiap bulannya.

Selain bebas biaya tagihan listrik bulanan, lampu tenaga surya sendiri juga mudah dalam pemasangan atau instalasinya. Untuk pemasangan lampu PJUTS kita hanya memerlukan tiang untuk memasang lampu dan panel surya (PJUTS Two In One), atau jenis lampu PJUTS yang sudah terintegrasi menjadi satu antara lmpu dan panel suryanya (PJUTS All In One). Kita tidak perlu menarik kabel yang saling menghubungkan antara lampu satu dengan yang lainnya di sepanjang jalan.

Contoh pemanfaatan lampu tenaga surya di Indonesia yang dikerjakan tim CPS dari Bumi Energi Surya (BES).

Perawatan dari lampu tenaga surya ini sendiri juga mudah, karena memang tidak memerlukan perawatan secara khusus. Mulai dari panel surya yang memiliki umur pakai hingga 25 tahun, penggunaan lampu LED dan baterei yang berkualitas serta material pelindung yang tahan dalam berbagai cuaca menjadikan unit lampu tenaga surya mudah dalam perawatannya.

Pemasangan PJUTS akan sangat membantu masyarakat Bualemo dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan bisa ikut serta mendorong roda perekonomian. Dengan penerangan yang memadai dan merata, tentunya masyarakat bisa melakukan kegiatan ekonomi tidak hanya terbatas di siang hari, tetapi malam haripun juga bisa berjalan. Untuk tempat-tempat yang memiliki potensi wisata pun juga bisa ikut merasakan dampak positif dari lampu tenaga surya ini, dengan penerangan dari lampu jalan tenaga surya atau lampu taman tenaga surya maka kegiatan wisata bisa berjalan lebih lama hingga malam hari.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Smart System Monitoring untuk penerangan jalan, Solar PanelController.

Kami memiliki Creative Photovoltaic System (CPS), yaitu tim yang telah berpengalaman dan bisa diandalkan untuk membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang lampu tenaga surya baik lampu tenaga surya all in one, two in one, atau lampu taman tenaga surya silakan hubungi kami.

Hubungi Kami