Peta wilayah Kalimantan Timur (Sumber: Bappeda Kaltim)

Pemanfaatan energi surya di Kalimantan Timur memberikan banyak keuntungan. Seperti kita ketahui Provinsi Kalimantan Timur direncakan akan menjadi ibukota negara yang baru, lebih tepatnya di Kabupaten Penajem Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sampai saat ini perencanaan dan persiapan perpindahan ibu kota negara terus berjalan.

Kalimantan Timur sendiri terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, yaitu Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Berau, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Pariwisata yang dimiliki Kalimantan Timur sendiri cukup banyak, mulai dari wisata alam seperti Kepulauan Derawan, Pantai Sekerat, wisata sejarah Museum Mulawarman, wisata budaya Desa Budaya Pampang, pusat kerajinan sarung tenun Samarinda, dan obyek wisata lainnya.

Sumber energi tak terbatas dan terbarukan

Posisi geografis Kalimantan Timur berada cukup dekat dengan garis katulistiwa sehingga berada pada wilayah dimana akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak dan kuat. Artinya ada banyak sumber daya energi surya di Kalimantan Timur.

Sumber energi cahaya matahari yang berlimpah dan terbarukan adalah potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi di masa sekarang dan masa datang. Pemanfaatan energi surya adalah investasi jangka panjang pemenuhan kebutuhan energi listrik.

Sistem Mounting Braket Panel Surya

Sistem Mounting Braket Panel Surya

Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Kalimantan Timur

Salah satu pemanfaatan energi surya untuk Kalimantan Timur adalah untuk penerangan, baik itu penerangan jalan umum, atau penerangan lainnya. Dengan energi surya melalui panel surya yang menyerap energi dari cahaya matahari, kita bisa menggunakan energi listrik tersebut untuk menyalakan lampu led yang hemat biaya dan mudah dalam perawatan. Kemudahan dalam pemasangan dan perawatan serta pengendalian lampu jalan (PJU) tenaga surya menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan energi listrik standar dari jaringan PLN. Keuntungan menggunakan lampu penerangan tenaga surya bisa dilihat di sini.

Pemanfaatan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) ini selain untuk penerangan jalan juga bisa ditempatkan di daerah wisata di wilayah Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Berau, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Pompa Air Tenaga Surya di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur memiliki keanekaragaman hayati, dengan wilayah yang luas dengan pertanian dan perkebunan. Pertanian dan perkebunan yang luas ini tentu membutuhkan air untuk keperluan irigasi. Untuk wilayah pertanian dan perkebunan yang berada dekat dengan sumber air seperti sungai, danau, atau waduk mungkin tidak menjadi masalah untuk irigasi, tapi untuk wilayah yang cukup jauh dari sumber air tentu akan menjadi permasalahan untuk mendapatkan air, apalagi di saat musim kemarau tiba. Pompa Air Tenaga Surya (PATS) bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut, karena pompa air ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan air. Manfaat penggunaan PATS ini dapat dilihat di sini.

Pompa Air Tenaga Surya (PJUTS) ini bisa ditempatkan di semua wilayah Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Berau, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kalimantan Timur

Wilayah kota dan kabupaten di Kalimantan Timur yang cukup luas dan belum padat penduduknya memberikan peluang untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya. Dengan pembangkit surya tenaga surya akan sangat membantu wilayah2 di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik dari PLN, atau kapasitas yang tersedia terbatas sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan listrik di wilayah tersebut. Pembangkit listrik surya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri seperti misalnya industri atau bisa juga dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat bersama-sama.

Cukup banyak manfaat yang bisa diambil dari cahaya matahari (energi surya) yang berlimpah di Kalimantan Timur. Apalagi dengan rencana perpindahan ibu kota negara di Kalimantan Timur, tentunya akan membutuhkan banyak sumberdaya manusia dan energi untuk mewujudkan ibu kota negara Indonesia tersebut. Melihat potensi yang ada, patut dipertimbangkan pemanfaatan energi cahaya matahari sebagai investasi energi jangka panjang.

Kami, Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya di Kalimantan Timur silakan hubungi kami.

Hubungi Kami