Air menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita menggunakan air untuk kebutuhan memasak, mandi, mencuci dalam rumah tangga. Air juga dibutuhkan untuk keperluan irigasi pertanian, perkebunan, tambak, dan lain sebagainya. Semua sektor kehidupan tidak bisa lepas akan kebutuhan air.

Wilayah Indonesia sendiri berada dalam posisi daerah tropis yang mengenal dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pada saat musim penghujan, kebutuhan air tidak menjadi masalah, karena ketersedian air lebih mudah terpenuhi. Sebaliknya pada musim kemarau, kekurangan air akan menjadi hal yang biasa di wilayah Indonesia.

Kekeringan saat musim kemarau tiba.

Kekeringan saat musim kemarau tiba (Kredit foto: Antara/Mohammad Ayudha)

Banyak wilayah di Indonesia akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan air saat musim kemarau berkepanjangan. Di Pulau Jawa, ada beberapa provinsi yang menyatakan bencana kekeringan di daerahnya, seperti kabupaten dan kota di Provinsi Banten. Selain itu Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta. Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, serta daerah lainnya. Akibat kemarau panjang ini tidak hanya sulit mendapatkan air, tetapi juga resiko kebakaran hutan yang bisa terjadi kapan saja,

Beberapa daerah berusaha menanggulangi sulitnya mendapatkan air terutama air bersih ini dengan mengirimkan bantuan air ke wilayah yang dilanda kekeringan dengan mengirimkan mobil tangki air ke masyarakat. Tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga non pemerintah seperti lembaga atau kelompok masyarakat lain yang peduli ikut membantu daerah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Permasalahan kekurangan atau sulitnya mendapatkan air bersih ini adalah masalah yang selalu berulang setiap tahunnya. Setiap tahun pasti akan terjadi hal yang sama, karena memang Indonesia berada di wilayah tropis dan dilalui garis khatulistiwa. Bagaimana cara menanggulangi atau bahkan mengantisipasi permasalahan air bersih yang selalu muncul setiap tahun di wilayah Indonesia? Apakah menunggu dan mengandalkan bantuan pengiriman tangki-tangki air bersih saja?

Mendapatkan air bersih di saat kekeringan

Ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan air bersih di saat kekeringan, yaitu dengan memanfaatkan air tanah. Air yang tersedia di dalam tanah bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan, hanya menunggu untuk diangkat ke permukaan tanah.

Ada beberapa cara untuk mengangkat air tanah ke permukaan, salah satu caranya adalah menggunakan pompa air.

Pompa air sendiri ada berbagai jenis, ada pompa air diesel dengan bahan bakar solar atau pertalite, ada juga pompa air tenaga listrik. Untuk beberapa wilayah, pompa air diesel menjadi pilihan, karena keterbatasan jaringan listrik PLN yang tidak menjangkau lokasi pompa air tersebut. Penggunaan bahan bakar solar atau pertalite tentunya menjadi tambahan biaya yang harus dikeluarkan setiap kali akan menggunakan pompa air diesel tersebut.

Pompa Air Tenaga Surya (PATS)

PATS atau Pompa Air Tenaga Surya bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan air di saat kekeringan. Pompa air tenaga surya memiliki kelebihan bisa berdiri sendiri, bisa dipasang di mana saja, di semua wilayah, karena tidak memerlukan jaringan listrik PLN. Pompa air ini juga tidak lagi memerlukan biaya setiap kali akan dipergunakan seperti pompa air diesel yang membutuhkan bahan bakar.

Pemanfaatan pompa air tenaga surya (PATS) untuk irigasi

Wilayah Indonesia yang berada pada garis Khatulistiwa, kaya dengan cahaya matahari, sumber energi yang selalu tersedia dan terbarukan. Energi ini yang dimanfaatkan untuk menghidupkan pompa air tenaga surya, selain hemat energi, tentu juga akan menghemat biaya dalam jangka panjang.

Dengan pemanfaatan pompa air tenaga surya ini, diharapkan bisa menjadi solusi terbaik untuk bencana kekeringan yang dihadapi daerah-daerah di Indonesia di musim kemarau. Pompa air tenaga surya ini bisa ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, di Jakarta, Banten, Semarang, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Ternate, Makasar, dan wilayah lainnya yang biasa mengalami bencana kekeringan.

Kami Bumi Energi Surya, berpengalaman dalam pemasangan pompa air tenaga surya di seluruh Indonesia untuk keperluan irigasi pertanian, persediaan air untuk masyarakat, dan lainnya. Kami biasa mengerjakan untuk proyek pemerintah daerah, instansi, maupun pribadi.

Untuk informasi lebih jauh mengenai pemanfaatan dan pemasangan Pompa Air Tenaga Surya bisa menghubungi kami dengan mengklik tombol Hubungi Kami.

Hubungi Kami