Bagaimana memilih baterai yang sesuai untuk keperluan sistem panel surya?

Baterai dalam sistem panel surya tentunya berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang didapatkan dari panel surya (fungsi charge), dan sebaliknya memanfaatkan energi listrik yang telah tersimpan dalam baterai untuk keperluan peralatan listrik yang kita gunakan (fungsi discharge). Untuk keperluan sistem panel surya, baterai yang cocok adalah jenis lead acid.

Jenis baterai lead acid sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu starting battery dan deep cycle battery. Starting baterai adalah jenis baterai yang dapat dengan cepat menghasilkan arus listrik yang tinggi. Starting battery ini biasa dipergunakan untuk keperluan otomotif, karena dapat langsung menyalakan mesin kendaraan. Untuk kepentingan sistem panel surya, baterai jenis ini bisa masih dipergunakan tetapi tidak ideal, karena menggunakan bahan plat yang tipis sehingga resistensinya menjadi rendah dan memiliki permukaan yang luas.

Berikutnya adalah deep cycle battery, yaitu baterai yang dapat menghasilkan listrik stabil dalam jangka waktu lama. Selain itu deep cycle battery juga memiliki siklus pengisian (charge) dan pelepasan (discharge) lebih banyak atau berulang-ulang secara konstan. Untuk jenis deep cycle sendiri terbagi lagi menjadi 2, yaitu FLA (Flooded Lead Acid) dan VRLA (Valve Regulated Lead Acid).

Baterai FLA atau biasa kita sebut sebagai aki basah, karena sel di dalam aki terendam cairan elektrolit serta memiliki ciri adanya lubang untuk mengisi cairan elektrolit di setiap katupnya.

Jenis lain dari baterai deep cycle adalah VRLA yang memiliki fisik berlawanan dengan jenis FLA, yaitu tidak ada lubang pengisian cairan elektrolit, jadi hanya ada terminal positif (+) dan negatif (-). Sehingga baterai jenis VRLA ini juga biasa disebut sebagai baterai MF (Maintenance Free) atau SLA (Sealed Lead Acid) atau SMF (Sealed Maintenance Free).

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTS, PJUTS, SHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut tentang produk lampu taman tenaga surya, silakan hubungi kami.

Baterai jenis VRLA ini sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu VRLA AGM (Absorbent Glass Mat) dan VRLA Gel (Gel Cells). Baterai VRLA AGM memiliki pemisah dari bahan fiberglass yang ada diantara plat-plat cells, tujuan dari pemisah ini adalah untuk menyerap carian elektrolit dan menyimpannya di dalam pori-pori fiberglass tersebut.

Untuk baterai VRLA Gel memiliki ciri khusus yaitu penggunaan cariran elektrolit yang kental seperti gel.

jenis baterai untuk sistem panel surya

Jenis-jenis baterai Lead Acid

Dari sekian banyak jenis baterai yang ada, baterai yang cocok untuk dipergunakan dalam sistem panel surya adalah baterai deep cycle berjenis VRLA, baik itu VRLA AGM atau VRLA Gel karena memiliki siklus pengisian (charge) dan pembuangan (discharge) yang panjang. Selain itu baterai jenis ini bebas dari kebocoran dan bebas dari perawatan.

Jadi untuk keperluan sistem panel surya, baik itu untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya (PJUTS), Solar Home System (SHS), atau lainnya, baterai VRLA AGM dan VRLA Gel bisa menjadi baterai pilihan utama.

Hubungi Kami