Panel surya sebagai media utama dalam menyerap energi listrik dari cahaya matahari bisa dipasang di atap rumah dan juga di atas tanah. Memasang panel surya di atas atap adalah solusi jika kita memiliki keterbatasan lahan, seperti misalnya di daerah pemukiman yang padat. Tetapi jika kita memiliki lahan kosong seperti pekarangan yang cukup luas dan terbuka, maka lokasi tersebut bisa kita manfaatkan untuk memasang panel surya.

Perbedaan pemasangan panel surya di atas tanah dan atap rumah

Secara teknis pemasangan panel surya di atas tanah berbeda dengan memasang panel surya di atap rumah. Sebelum memasang panel surya di atas tanah, kita harus merencanakan dan mempersiapkan pondasi dasar yang kokoh untuk memasang tiang dan rangka untuk menempatkan panel surya. Berbeda dengan panel surya atap, dimana kita bisa memanfaatkan atap sebagai pondasinya.

  • Sistem mounting panel surya atap Matrix III
  • mounting panel surya atap rumah matrix 2
  • Sistem Mounting Panel Surya Atap Matrix I

Perbedaan lainnya adalah posisi panel surya. Untuk panel surya atap, kita tidak bisa mengatur sudut kemiringan atau arah panel surya, karena kita mengikuti posisi kemiringan dan arah dari atap rumah itu sendiri. Sebaliknya jika kita memasang di atas tanah maka arah dan sudut panel surya bisa kita tentukan sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Dengan keleluasaan menentukan arah panel surya tentunya kita bisa mendapatkan hasil energi listrik dari cahaya matahari lebih optimal, karena kita bisa mengarahkan sesuai dengan posisi matahari dari timur sampai barat, bahkan kita membagi panel surya kita dari dua arah tersebut (timur dan barat).

Panel surya di atas tanah juga lebih aman saat pemasangannya, karena kita tidak perlu naik ke atap rumah yang tentunya lebih beresiko apalagi untuk bangunan bertingkat. Kita cukup menyiapkan pondasi dan tiang yang semuanya dikerjakan di atas tanah.

Perbedaan panel surya di atas tanah dan di atap rumah adalah berkaitan dengan biaya pemasangan itu sendiri. Untuk memasang panel surya di atas tanah kita akan memerlukan biaya yang lebih tinggi, karena kita harus membangun pondasi yang kuat untuk menyangga panel surya di atasnya. Selain pondasi, kita juga harus menyiapkan tiang-tiang penyangga panel surya. Setelah semua terpasang, kita juga harus memikirkan pagar untuk melindungi panel surya kita untuk melindungi dari kerusakan yang mungkin terjadi dari binatang atau hal-hal lain di sekitar panel surya.

  • Panel surya SNI TKDN 400WP monocrystalline Jembo
  • Panel surya SNI 380WP TKDN monocrystalline Jembo
  • Solar panel TKDN monocrystalline 375WP Jembo
  • Panel surya 370WP TKDN monocrystalline Jembo
Kelebihan dan kekurangan memasang panel surya di atas tanah

Kelebihan atau keuntungan memasang panel surya atau solar panel di atas tanah:

  • Kemudahan dalam pemasangan karena tidak ada resiko seperti pada saat kita memasang solar panel di atap rumah.
  • Kemudahan dalam perawatan panel surya karena mudah dijangkau.
  • Panel surya mudah untuk dipindahkan, jika suatu saat di lokasi tersebut akan dipergunakan untuk keperluan lainnya.
  • Energi listrik yang dihasilkan lebih maksimal karena kita bisa menentukan arah dan sudut panel surya lebih optimal sesuai dengan kondisi dan posisi matahari.
  • Kita bisa memanfaatkan lahan di bawah panel surya untuk ditanami tanaman yang tidak memerlukan banyak cahaya matahari atau untuk keperluan lainnya.

Kekurangan atau kelemahan memasang solar panel atau panel surya di atas tanah:

  • Biaya pemasangan yang lebih besar (untuk pondasi dan tiang penyangga).
  • Dibutuhkan perencanaan, persiapan, dan proses pemasangan lebih lama dibandingkan panel surya atap.
  • Resiko kerusakan yang bisa terjadi karena mudah dijangkau, misalnya kerusakan karena binatang atau hal-hal lainnya.
  • Adanya kemungkinan panel surya tidak bisa mendapatkan cahaya matahari karena tertutup bangunan baru yang mungkin dibangun di sekitar panel surya atau tertutup pohon yang tumbuh di sekitar panel surya.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, ada hal penting yang harus kita juga harus pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di atas tanah. Kita harus menempatkan panel surya di lokasi yang dalam jangka waktu ke depan apakah ada bangunan baru yang bisa menutup panel surya kita dari cahaya matahari.

Demikian informasi singkat seputar pemasangan panel surya atau solar panel di atas tanah. Semoga bermanfaat.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut tentang penggunaan pemasangan panel surya, silakan hubungi kami.

Hubungi Kami