Kecamatan Ruteng adalah ibukota kabupaten Manggarai di Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Manggarai sendiri terbagi beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Wae Rii, Ruteng, Satar Mese, Cibai, Reok, Langke Rembong, Satar Mese Barat, Rohong Utara, Lelak, Reok Barat, Cibal Barat, dan Satar Mesa Utara. Keadaan topografi dan geografis Kecamatan Ruteng sekitar 70% adalah daerah perbukitan dan pegunungan yang beriklim tropis.

Memanfaatkan Panel Surya di Kecamatan Ruteng, Manggarai

Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di Wori, Minahasa UtaraSebagai daerah yang beriklim tropis tentu Kecamatan Ruteng mendapatkan sinar matahari (surya) lebih besar dimana sinar matahari ini memiliki energi yang bisa kita manfaatkan. Dengan sinar matahari yang berlimpah kita bisa mendapat sumber energi listrik. Dengan sumber daya yang tidak terbatas dari sinar matahari ini kita bisa memenuhi kebutuhan listrik kita, baik itu untuk rumah tangga ataupun usaha.

Panel surya di Kecamatan Ruteng bisa memberikan manfaat dan keuntungan yang besar, melalui panel surya, sinar matahari akan diserap dan diubah menjadi energi listrik. Untuk daerah yang masih terbatas atau belum terjangkau listrik PLN, panel surya bisa menjadi solusinya, dengan energi listrik dari sinar matahari (energi surya) semua daerah di Kecamatan Ruteng bisa mendapatkan listrik.

Pompa Air Tenaga Surya untuk masyarakat Kecamatan Ruteng, Manggarai

Kecamatan Ruteng 70%-nya adalah daerah perbukitan dan pegunungan, dengan posisi topografis seperti ini tentu tidak mudah untuk mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan kebutuhan air untuk irigasi pertanian serta perkebunan.

Project Pompa Air Tenaga Surya

Project Pompa Air Tenaga Surya

Penggunaan pompa air tenaga matahari (tenaga surya) bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Pompa air tenaga surya bisa dibangun di mana saja selama ada air di dalam tanah, baik itu di perbukitan atau pegunungan. Dengan energi listrik dari sinar matahari yang diterima panel surya kemudian menjalankan pompa air untuk mengangkat air dari dalam tanah. Masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan dan pegunungan bisa mendapatkan air bersih dengan mudah untuk kehidupan sehari-hari atau memenuhi kebutuhan irigasi pertanian dan perkebunan. Pompa air tenaga surya ini bisa digunakan di seluruh wilayah Manggarai baik itu kecamatan Wae Rii, Ruteng, Satar Mese, Cibai, Reok, Langke Rembong, Satar Mese Barat, Rohong Utara, Lelak, Reok Barat, Cibal Barat, dan Satar Mesa Utara.

Pemanfaatan energi listrik dari sinar matahari tidak hanya untuk keperluan mendapatkan air melalui pompa air, tetapi juga bisa digunakan untuk lampu penerangan dengan PJU Tenaga Surya. Dengan PJUTS jalan-jalan bisa terang dan membantu memperlancar dan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang menjalankan aktivitasnya di malam hari. Lingkungan pemukiman juga bisa menggunakan penerangan tenaga surya ini, bahkan tidak hanya itu, kebutuhan listrik di dalam rumah pun juga bisa dipenuhi dengan SHS (Solar Home System).

Selain membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat seperti yang telah disebutkan di atas, pemanfaatan energi surya (energi matahari) sebagai sumber energi listrik juga merupakan investasi dalam jangka panjang. Dengan energi surya kita tidak dibebani dengan tagihan listrik PLN, penghematan biaya yang cukup besar dalam jangka panjang. Energi surya juga bebas dari polusi serta menjaga bumi kita (Go Green). Mari bersama-sama kita jaga bumi kita dan jadikan hidup masyarakat kita lebih baik dan sejahtera dengan beralih memanfaatkan energi matahari.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), SHS, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar Panel, Controller.

Kami memiliki tim CPS (Creative Photovoltaic System) yang berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya silakan hubungi kami, kami siap membantu Anda.

Hubungi Kami