Kota Kupang sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur terbagi dalam 6 kecamatan dan 51 kelurahan yang berada di daerah pesisir Teluk Kupang. Sebagai daerah pesisir Kota Kupang kaya dengan sinar matahari.

Sinar matahari yang terus menyinari bumi Kota Kupang memiliki manfaat yang sangat besar dalam pengembangan sumber daya energi, yaitu energi listrik. Dengan sumber daya yang tidak terbatas dari sinar matahari ini kita bisa memenuhi kebutuhan listrik kita, baik itu untuk rumah tangga ataupun usaha. Panel Surya menjadi solusi bagi Kota Kupang untuk bisa menyerap sinar matahari dan mengubah menjadi energi listrik.

Pompa Air Tenaga Surya di Kota Kupang

Pompa air tenaga surya (PATS) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur bisa memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat baik itu di Kecamatan Alak, Kelapa Lima, Kota Raja, Kota Lama, Maulafa, dan Oebobo. Dengan memanfaatkan pompa air tenaga surya ini, masyarakat bisa mendapatkan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari, irigasi pertanian, perkebunan, tambak, perikanan, dan kebutuhan air lainnya.

panel surya lewoleba, nubatukan, lembata, ntt

PATS bisa ditempatkan di mana saja di semua wilayah Kupang, selama bisa mendapatkan sinar matahari, dan ada sumber air di bawah tanah. Kita tidak perlu lagi memikirkan sumber listrik yang jauh (seperti misalnya di daerah perbukitan yang jauh dari sumber listrik PLN). Selain kemudahan dalam penempatan, PATS juga hemat biaya, kita tidak perlu lagi memikirkan tagihan PLN, karena menggunakan energi listrik dari sinar matahari. Masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih karena lokasi yang jauh dari mata air, dengan pompa air ini akan mendapatkan solusinya, air dari dalam tanah bisa diangkat dan menjadi persediaan air bersih bagi masyarakat.

Penerangan dengan PJU Tenaga Surya di Kota Kupang

Lampu PJUTS di Lembata NTTEnergi listrik dari sinar matahari juga kita manfaatkan untuk penerangan baik itu penerangan jalan (PJU) atau penerangan lainnya, seperti misalnya lingkungan perumahan, perkantoran, industri, wisata atau penerangan lainnya. Penggunaan lampu penerangan tenaga surya (matahari) di tempat wisata misalnya, dengan PJUTS ini tempat-tempat wisata yang sebelumnya hanya aktif di siang hari, maka dengan adanya penerangan yang cukup tentunya akan bisa hidup juga di malam hari dan perekonomian masyarakat sekitar juga bisa ikut meningkat.

Penggunaan PJUTS (lampu penerangan jalan tenaga surya) ini juga merupakan investasi dalam jangka panjang, karena tidak ada biaya tagihan PLN, semua bisa dipenuhi dengan energi listrik dari sinar matahari. Semua kegiatan masyarakat Kupang yang tadinya terbatas hanya bisa dilakukan di siang hari, sekarang malam hari pun bisa berjalan, dengan penerangan yang memadai tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kecamatan Alak, Kelapa Lima, Kota Raja, Kota Lama, Maulafa, dan Oebobo.

Solar Home System di Kota Kupang

Apakah sinar matahari hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk pompa air dan penerangan jalan? Tentu saja tidak. Kita juga bisa memanfaatkan sinar matahari untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya atau matahari.

Solar Home System atau SHS adalah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang bisa digunakan di rumah, bangunan kantor, pabrik, gudang, dan bangunan lainnya. Dengan SHS yang terpasang di atap rumah atau bangunan, kita bisa mendapatkan energi listrik untuk kebutuhan listrik, baik itu untuk penerangan, atau kebutuhan listrik lainnya (televisi, kulkas, komputer, dan peralatan elektronik lainnya). Bisa dibayangkan berapakah penghematan biaya yang bisa kita peroleh dalam jangka panjang, karena kita memanfaatkan sumber energi listrik dari alam yaitu sinar matahari.

Ada banyak manfaat dan keuntungan dari penggunakan sumber energi matahari ini, selain investasi untuk jangka panjang, energi surya juga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan kerusakan bumi. Bumi Kupang kaya dengan sumber energi sinar matahari, jangan kita sia-siakan, mari kita manfaatkan untuk kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kupang dan menjaga kelestarian alam bumi Kupang khususnya.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), SHS, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar Panel, Controller.

Kami memiliki tim CPS (Creative Photovoltaic System) yang berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya silakan hubungi kami, kami siap membantu Anda.

Sumber foto: Wikipedia (Chrisdev)

Hubungi Kami