irigasiIrigasi pertanian adalah menggunakan air untuk pertumbuhan tanaman yang dialirkan ke tanah atau tanaman. Pengertian sederhananya adalah usaha untuk mengairi lahan pertanian.

Irigasi sendiri tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air dari tanaman, tetapi juga untuk tanah tempat tanaman tumbuh. Irigasi menjaga suhu  tanah dan untuk melunakkan tanah sehingga mudah untuk diolah.

Ada beberapa cara untuk melakukan irigasi, antara lain dengan menggenangi tanah, membuat saluran air, penyiraman, dan lain-lain.

Untuk keperluan irigasi ini tentunya dibutuhkan sumber air yang mencukupi, sehingga kebutuhan air dari tanaman dan tanah dapat terpenuhi. Bagi daerah pertanian yang dekat dengan sumber air, seperti sungai, danau, telaga, atau waduk, maka kebutuhan air akan lebih mudah terpenuhi. Dengan membangun saluran air dari sumber menuju ke lahan pertanian, maka kebutuhan air akan cepat dan mudah terpenuhi.

Lalu, bagaimana untuk lahan pertanian yang jauh dari sungai, danau, waduk, atau sumber air lainnya?

Ada beberapa cara yang biasa digunakan, antara lain dengan membangun sumur di lahan pertanian tersebut. Melalui sumur tersebut, air bisa diangkat ke permukaan dan menggunakannya untuk memenuhi irigasi pertanian. Cara umum yang biasa dipakai untuk mengangkat air ke permukaan adalah menggunakan pompa air diesel. Pada saat-saat tertentu, air dipompa ke atas dengan diesel berbahan bakar solar, atau bahan bakar lainnya. Air yang ada dialirkan ke lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan air.

Penggunaan pompa air diesel ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu yang harus diperhitungkan adalah perawatan dan kebutuhan bahan bakar solar atau bahan bakar lainnya. Bahan bakar harus selalu siap tersedia pada saat dibutuhkan.

Solusi irigasi pertanian dengan pompa air tenaga surya

Indonesia berada dalam garis katulistiwa, apa artinya?

Dengan posisi Indonesia yang berada dalam garis katulistiwa, artinya wilayah Indonesia menerima sinar cahaya matahari yang berlimpah dan tidak terbatas. Cahaya matahari yang berlimpah ini merupakan sumber energi yang terbarukan dan tidak terbatas.

Sumber energi tenaga surya bisa menjadi solusi untuk pemenuhan irigasi pertanian di daerah yang jauh dari sumber air permukaan.

PATS - Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di Banyumas

PATS – Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di Banyumas

Untuk bisa memanfaatkan sumber energi cahaya matahari yang tidak terbatas ini, kita bisa menggunakan pompa air tenaga surya. Saat ini sudah ada banyak pompa air tenaga surya yang bisa digunakan, mulai dari pompa air celup (submersible) atau pompa air permukaan.

Pompa air tenaga surya memiliki kelebihan dibandingkan dengan pompa air diesel yang umum digunakan. Dengan pompa air tenaga surya, kita bisa menghemat penggunakan bahan bakar, karena kita cukup memanfaatkan energi cahaya matahari yang setiap hari ada dan berlimpah. Pompa air tenaga surya dilengkapi dengan controller yang akan membantu mengatur pompa air sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir dengan cuaca mendung, karena pompa air ini dilengkapi dengan baterei yang akan menyimpan energi yang ada.

Kami memiliki pengalaman yang cukup lama untuk pemasangan pompa air tenaga surya di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu kami juga memiliki berbagai pilihan pompa air tenaga surya yang bisa digunakan sesuai dengan kondisi dan wilayah lahan pertanian yang ada.

Untuk melihat penggunaan pompa air tenaga surya yang telah kami pasang, dapat dilihat di sini.

Untuk melihat jenis-jenis pompa air tenaga surya, dapat dilihat di sini.

Hubungi Kami