Kota Jayapura adalah ibukota Provinsi  Papua yang terletak di sisi paling timur Indonesia. Kota Jayapura sendiri terbagi menjadi 5 distrik, yaitu distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram, dan Muara Tami.

Potensi wisata yang ada di Kota Jayapura cukup banyak dan indah, antara lain wisata alam Danau Sentani, Teluk Youtefa, Kali Biru Genyem Jayapura, Bukit Teletabis, Pantai Tablanusu, dan masih banyak lagi tempat-tempat indah di Kota Jayapura lainnya. Tempat wisata ini bisa terus dikembangkan dengan dukungan sarana dan prasarana yang tepat. Pemerintah sendiri telah membangun proyek jalan trans Papua yang tentunya akan makin mempermudah sarana transportasi antar daerah di Papua.

Selain prasarana dan sarana transportasi, ada banyak hal lain yang bisa mendukung pengembangan Kota Jayapura, salah satunya adalah pengembangan sumber energi. Sumber energi yang tepat dan efisien tentunya dapat mempercepat proses pembangunan, tidak hanya pembangunan di sisi pariwisata tetapi juga pembangunan ekonomi.

Keindahan pemandangan Kota Jayapura di malam hari

Keindahan pemandangan Kota Jayapura di malam hari (kredit foto: Netaholic13/Wikipedia)

Panel Surya di Kota Jayapura sebagai sarana mendapatkan sumber energi alternatif

Cahaya matahari adalah sumber energi yang tidak terbatas dan selalu ada, tidak seperti sumber energi lain yang bisa habis, seperti misalnya minyak dan gas. Pemanfaatan sumber energi cahaya matahari (fotovoltaik) ke depan akan menjadi sumber energi yang diperhitungkan, selain tidak terbatas, cahaya matahari selalu ada (terbarukan), dan untuk mendapatkan cahaya matahari tidak perlu biaya.

Yang harus dilakukan adalah mengubah cahaya matahari yang melimpah tersebut menjadi energi listrik yang bermanfaat bagi pembangunan dan pengembangan sektor perekonomian, pariwisata, dan sektor lainnya.

Panel surya adalah solusi untuk menjadikan cahaya matahari sebagai sumber energi listrik untuk memenuhi kebutuhan energi di Kota Jayapura. Dengan panel surya di Kota Jayapura maka kebutuhan listrik untuk penerangan jalan di prasarana jalan atau tempat-tempat wisata bisa terpenuhi. Untuk daerah-daerah yang sebelumnya belum terjangkau jaringan listrik PLN atau masih terbatas, maka dengan panel surya bisa dipenuhi.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan panel surya ini, tidak hanya untuk penerangan jalan, tapi bisa juga untuk menjalankan pompa air tenaga surya di daerah-daerah yang masih kekurangan air karena jauhnya sumber air di atas tanah (danau, sungai, atau lainnya).

Panel Surya di Kota Jayapura bisa menjadi solusi untuk makin memajukan dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki dan pada akhirnya bisa memajukan kesejahteraan masyarakat Kota Jayapura.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), SHS, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar Panel, Controller.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya silakan hubungi kami.

Hubungi Kami