Bagaimana panel surya bisa mempengaruhi kota Ambon, baik itu sektor ekonomi, budaya, pariwisata, atau pendidikan? Kota Ambon adalah ibu kota dari Provinsi Maluku dan terletak di selatan Pulau Ambon. Kota Ambon sendiri adalah kota pelabuhan dan menjadi pusat perdagangan karena berada di pesisir pulau. Selain kota pelabuhan, Kota Ambon adalah kota pariwisata dan pendidikan, karena ada banyak sekali obyek pariwisata, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, semuanya ada di sini. Ada banyak potensi yang bisa digali dan dikembangkan di Kota Ambon ini, potensi ekonomi, pariwisata, pendidikan, budaya dan kesenian.

Memanfaatkan Panel Surya di Kota Ambon

Ada banyak cara untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di kota Ambon, salah satunya adalah mengembangkan teknologi energi. Dengan memanfaatkan energi yang tepat akan sangat membantu sektor ekonomi, pariwisata. Panel surya adalah solusi energi yang bisa dimanfaatkan, dengan sumber energi yang tidak terbatas dan terbarukan yaitu cahaya surya (matahari) atau biasa juga disebut dengan fotovoltaik. Dengan menggunakan panel surya kita bisa mengubah energi yang tidak terbatas tersebut (energi surya) menjadi energi listrik yang mampu membantu menggerakan roda-roda ekonomi. Pemanfaatan panel surya ini bisa menghemat biaya operasional dalam jangka panjang.

panel surya kota ambon

Kota Ambon, kota perdagangan, pariwisata, pendidikan. (Kredit foto: wikipedia.org)

Dari energi surya yang diserap melalui panel surya kita bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk penerangan jalan (PJUTS), atau membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan listrik yang lebih besar. Dengan efisiensi biaya operasional dari penggunaan listrik tentunya akan mempercepat dalam proses pengembangan usaha dalam bidang ekonomi, pariwisata, dan lainnya.

Tidak hanya untuk kebutuhan usaha ekonomi atau pariwisata. Panel surya sendiri juga bisa diterapkan untuk perumahan, dengan memasang panel surya di atap rumah atau atap garasi, kita bisa mendapatkan energi listrik untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

Energi surya atau energi matahari adalah energi yang tidak terbatas dan terbarukan, apalagi wilayah Indonesia sebagai daerah yang berada pada garis Katulistiwa memiliki cahaya matahari yang melimpah setiap harinya. Dengan memanfaatkan panel surya sebagai sumber listrik maka akan menyelesaikan permasalahan kebutuhan energi di setiap daerah tanpa harus menunggu jaringan listrik kabel dari PLN.

Panel surya sendiri memiliki dua jenis yaitu panel surya monocrystaline dan polycrystaline, selain itu ada berbagai ukuran sesuai dengan kemampuan dalam menyerap energi cahaya matahari dan kekuatan listrik yang dihasilkan.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), SHS, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar Panel, Controller.

Kami berpengalaman membangun PATS, PLTS, PJUTS, SHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya silakan hubungi kami, kami siap membantu Anda.

Hubungi Kami