Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur Kepulauan Nusa Tenggara dengan ibu kota Kupang. Provinsi Nusa Tenggara Timur sendiri terbagi dalam beberapa kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Alor, Kabupaten Belu, Kabupaten Ende, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Kupang, Kabupaten Lembata, Kabupaten Malaka, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Ngada, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sikka, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timur Tengah Utara, dan Kota Kupang.

Provinsi NTT juga terbagi dalam beberapa pulau, ada lebih dari 500 pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adanora, Pulau Solor, Pulau Komodo, dan Pulau Palue.

Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur (Sumber foto; Wikipedia.org)

Keindahan alam di Nusa Tenggara Timur sudah tidak diragukan lagi, ada banyak obyek wisata alam yang sudah dikenal sampai manca negara. Beberapa obyek wisata alam yang tersebar di wilayah NTT antara lain Pulau Komodo yang menjadi habitat asli Komodo di dunia. Danau Kelimutu di puncak Gunung Kelimutu, Pantai Lasiana di Kupang, Pulau Padar dengan keindahan alam yang luar biasa. Manta Point Labuan Bajo, Pulau Alor dengan keindahan alam bawah airnya. Gili Laba Nusa Tenggara Timur, Pantai Nemberala di Rote Ndao, Pantai Batu Biru, Air Terjun Oenesu, dan masih banyak lokasi wisata lainnya.

Dengan kekayaan alam yang begitu besar tentunya memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan pihak terkait lainnya. Dengan pengembangan dan pengelolaan yang baik tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nusa Tenggara Timur itu sendiri. Pengembangan prasarana dan sarana di semua tempat wisata akan menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke NTT.

Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur (Sumber: Wikipedia.org)

Prasarana jalan menjadi hal penting yang harus dikembangkan dan tentu saja sarana pendukung lainnya. Salah satu sarana pendukung adalah penerangan, baik itu penerangan jalan maupun penerangan di tempat-tempat wisata. Dengan dukungan penerangan yang cukup menjadikan obyek wisata tidak hanya hidup di siang hari, tetapi juga berjalan dan hidup di malam hari.

Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya (PJUTS) All In One di Nusa Tenggara Timur

PJUTS All In One 40W

PJUTS All In One 40W

Penerangan yang cukup baik di jalan atau di tempat wisata tentu akan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung di tempat-tempat wisata. Untuk mendukung penerangan tersebut tentu saja dibutuhkan lampu yang sesuai dan keperluan. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah lampu dengan sumber energi listrik dari cahaya matahari melalui panel surya atau lebih dikenal dengan PJUTS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya). Untuk unit lampu yang tergabung menjadi satu dengan panel surya biasa disebut dengan lampu PJUTS All In One.

Penggunaan PJUTS sebagai penerangan memiliki banyak keunggulan dibandingkan lampu konvensional dengan sumber listrik dari jaringan PLN. Keunggulan PJUTS All In One antara lain,

  • Hemat biaya dalam jangka panjang, karena penggunaan energi surya, tentu tidak perlu lagi biaya tagihan penggunaan listrik setiap bulannya seperti kalo kita menggunakan jaringan listrik PLN. Selain itu, kita tidak memerlukan lagi memikirkan biaya dan teknis pemasangan kabel seperti jika kita menggunakan sumber listrik jaringan PLN.
  • Mudah dalam pemasangan, lampu PJUTS All In One adalah unit lampu yang terintegrasi antara panel surya, lampu led, dan baterei. Cukup pasang lampu pada tiang yang sesuai, maka lampu siap untuk dipergunakan. Tidak perlu lagi bentangan kabel yang mengganggu di antara tiang-tiang lampu penerangan.
  • Mudah dalam perawatan, karena masing-masing lampu memiliki sumber daya mandiri, maka jika terjadi permasalahan pada salah satu unit lampu tidak akan mengganggu unit lampu yang lainnya. Walaupun untuk permasalahan atau kerusakan untuk lampu PJUTS sangat jarang terjadi karena penggunaan material panel surya, baterei, dan lampu led berkualitas.

Melihat keuntungan dari pemanfaatan PJUTS All In One di Nusa Tenggara Timur di atas maka solusi pengembangan prasarana dan sarana pendukung pariwisata di wilayah Nusa Tenggara Timur layak untuk dipertimbangkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kami, Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya silakan hubungi kami.

Hubungi Kami