Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu wilayah di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat merupakan daerah dengan gugusan pulau-pulau besar yang berdekatan, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Saat ini Raja Ampat menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati wisatawan baik dari dalam negeri atau luar negeri, karena keindahan alam bawah lautnya.

Sebagai destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan, Kabupaten Raja Ampat terus berbenah dan mengembangkan potensi alam yang dimilikinya. Sarana dan prasarana pendukung terus dikembangkan untuk semakin menarik minat kunjungan wisata di wilayah tersebut. Sarana dan prasarana pendukung yang memudahkan dan membuat nyaman tentunya akan memberikan nilai tambah dan meningkatkan jumlah wisatawan.

Salah satu sarana tersebut adalah fasilitas penerangan. Untuk penerangan yang dipergunakan adalah penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS). Penggunaan lampu PJUTS di Raja Ampat, Papua Barat sebagai sumber penerangan memiliki keunggulan dibandingkan penggunaan sumber listrik jaringan listrik PLN pada umumnya. Beberapa keuntungan memakai PJUTS adalah:

  • Hemat biaya dalam jangka panjang, karena penggunaan energi surya, tentu tidak perlu lagi biaya tagihan penggunaan listrik setiap bulannya seperti kalo kita menggunakan jaringan listrik PLN. Selain itu, kita tidak memerlukan lagi memikirkan biaya dan teknis pemasangan kabel seperti jika kita menggunakan sumber listrik jaringan PLN.
  • Mudah dalam pemasangan, lampu PJUTS All In One adalah unit lampu yang terintegrasi antara panel surya, lampu led, dan baterei. Cukup pasang lampu pada tiang yang sesuai, maka lampu siap untuk dipergunakan. Tidak perlu lagi bentangan kabel yang mengganggu di antara tiang-tiang lampu penerangan.
  • Mudah dalam perawatan, karena masing-masing lampu memiliki sumber daya mandiri, maka jika terjadi permasalahan pada salah satu unit lampu tidak akan mengganggu unit lampu yang lainnya. Walaupun untuk permasalahan atau kerusakan untuk lampu PJUTS sangat jarang terjadi karena penggunaan material panel surya, baterei, dan lampu led berkualitas.

Proyek pemasangan lampu PJUTS (Penerangan Jalan Tenaga Surya) di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat dikerjakan oleh Bumi Energi Surya.

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan energi surya silakan hubungi kami.

Hubungi Kami