Apa efek dari penggunaan energi tenaga surya dalam jangka panjang bagi kehidupan sehari-hari dan lingkungan hidup? Ada banyak efek dari penerapan energi tenaga surya sebagai Energi Baru Terbarukan (EBT) bagi kehidupan kita dan lingkungan hidup di sekitra kita.

Efek yang jelas menguntungkan adalah keuntungan secara ekonomi, karena kita tidak perlu memikirkan lagi biaya tagihan listrik bulanan. Tidak hanya sebulan atau dua bulan, tetapi dalam jangka panjang, jelas ini menjadi keuntungan secara ekonomi.

Baca juga >> Manfaat Panel Surya

Apa saja efek lain dari penggunaan energi listrik tenaga matahari?

Listrik tenaga surya adalah alternatif yang sempurna dan tepat untuk menggantikan energi dari bahan bakar fosil seperti minyak dan batubara. Seperti kita ketahui energi dari minyak dan batubara turut membantu dalam efek pemanasan global yang berasal dari emisi karbon dari kedua bahan bakar tersebut (minyak dan batubara).

Sebaliknya energi tenaga surya sama sekali tidak mengakibatkan pemanasan global karena memang tidak menghasilkan emisi karbon dalam penggunaan panel surya.

Dengan memanfaatkan panel surya sebagai sarana untuk mendapatkan energi listrik tenaga surya, kita meminimalkan perusakan lingkungan seperti polusi udara, penebangan hutang, dan penambangan sumber daya alam lainnya. Jadi dengan energi tenaga surya kita ikut menjaga ekologi lingkungan hidup kita.

Penelitian lebih lanjut juga terus dilakukan untuk meminimalisir efek negatif yang mungkin muncul dari pemanfaatan panel surya sebagai sarana utama dalam penggunaan energi surya dalam jangka panjang.

Efek berikutnya adalah harga dari panel surya yang dari tahun ke tahun cenderung turun, artinya pengembangan teknologi panel surya ke depan diharapkan dapat semakin terjangkau bagi semua orang. Panel surya bisa menjadi sebuah investasi dalam jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan dari penghematan yang bisa dilakukan dari pemasangan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk jangka panjang.

Baca juga >> PLTS tumbuh pesat di masa datang

Semakin berkembangnya industri panel surya dan komponen pendukung lain untuk penerapan listrik energi surya tentu saja akan semakin membuka peluang usaha dan kerja bagi masyarakat. Dengan semakin banyak industri yang tertarik dan bergerak di bidang energi surya tentu juga akan semakin besar juga tenaga kerja yang dibutuhkan di dalamnya.

Efek lain yang tidak kalah penting adalah tentang kesehatan. Panel surya dari energi cahaya matahari tidak menghasilkan polusi seperti penggunaan minyak dan gas pada kendaraan yang tentu saja akan mengganggu kesehatan seperti misalnya kesehatan mata dan pernafasan. Dengan energi listrik tenaga surya, pemakaian minyak dan gas bisa semakin dikurangi melalui industri kendaraan tenaga listrik (mobil dan motor listrik).

Dalam jangka panjang pemakaian kendaraan berbahan bakar minyak akan semakin berkurang digantikan kendaraan tenaga listrik, ini artinya polusi udara dari asap kendaraan yang tidak sehat bagi kesehatan manusia akan semakin berkurang dan udara bisa lebih bersih.

Ada banyak efek positif yang bisa peroleh dari penggunaan energi tenaga surya melalui panel surya baik bagi kehidupan kita sehari-hari dan lingkungan di sekitar kita.

Dengan memulai beralih menggunakan energi baru terbarukan ini berarti kita ikut menjaga kehidupan dan lingkungan hidup di sekitar kita ke depan. Mari bersama-sama kita jaga lingkungan hidup untuk anak dan cucu kita di masa depan.

Baca juga >> Ingin memasang Panel surya? Baca ini dulu

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

  • plts on grid 17kw di tangerang
  • instalasi plts on grid 15kw kelapa gading

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan panel surya dan energi surya silakan hubungi kami.

Hubungi Kami