Tidak semua sistem panel surya menggunakan baterai, malah lebih banyak orang menggunakan panel surya atap di rumah tanpa menggunakan baterai. Sistem panel surya langsung terhubung dengan jaringan listrik PLN atau lebih dikenal dengan PLTS On Grid. Salah satu alasan tidak menggunakan baterai dalam sistem panel surya atap adalah biaya, karena kita membutuhkan biaya tambahan untuk pengadaan baterai. Apa saja manfaat yang diperoleh dari baterai panel surya?

Baca juga >> Memasang Panel Surya Atap di Rumah

Apa keuntungan dan manfaat baterai dalam sistem panel surya?

Pertama, keuntungan penggunakan baterai dalam sistem panel surya atap adalah keleluasaan kita sebagai pengguna untuk berganti sumber listrik dari baterai atau dari jaringan PLN. Sebagai contoh pada saat pemakaian daya listrik yang tinggi kita bisa menggunakan baterai sebagai sumber listrik dengan tujuan untuk menghemat biaya dibandingkan jika kita menggunakan jaringan listrik PLN (dengan memperhitungkan tarif listrik PLN).

  • plts on grid 7kw panel surya atap dengan inverter growatt
  • plts on-grid 80Kw rooftop
  • plts on-grid 4.2Kw carport panel surya atap garasi

Kedua, manfaat baterai panel surya adalah kita memiliki energi listrik cadangan (backup) pada saat jaringan PLN kita terputus ada pemutusan sementara. Jadi pada saat ada pemutusan listrik dari jaringan PLN, kebutuhan listrik kita tidak terganggu karena digantikan daya listrik dari baterai sistem panel surya yang kita miliki.

Bagaimana cara kerja baterai dalam sistem panel surya atap?

Ada beberapa konfigurasi penggunaan baterai untuk panel surya, yaitu:

  • Pertama, panel surya hanya terhubung dengan baterai, jadi panel surya langsung mengisi daya dari baterai dan daya yang tersimpan dari baterai langsung dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah. Konfigurasi ini juga biasa disebut dengan PLTS Off Grid.
  • Kedua, panel surya terhubung dengan baterai dan jaringan listrik PLN. Fungsi baterai di sini lebih sebagai cadangan atau backup, jadi baterai lebih jarang dipergunakan, karena kebutuhan listrik di rumah akan dipenuhi langsung dari panel surya, jika ada kelebihan daya panel surya, maka kelebihan akan diekspor ke jaringan listrik PLN, sebaliknya jika ada kekurangan daya dari panel surya, maka kekurangan akan diambil dari jaringan PLN. Baterai akan dipergunakan pada saat panel surya tidak menghasilkan listrik (malam hari) dan jaringan PLN mengalami pemutusan listrik.
  • Ketiga, jika kita berada pada wilayah dimana tarif listrik yang bervariasi dan penggunaan listrik yang berbeda-beda setiap harinya, maka kita bisa memanfaatkan baterai sebagai sumber listrik di saat beban biaya listrik tinggi (pemakaian yang tinggi). Sebaliknya pada saat biaya listrik rendah (pemakaian yang rendah) kita menggunakan sumber listrik dari jaringan PLN.

Baterai untuk panel surya sendiri ada beberapa jenis, yaitu dengan material lead acid dan lithium ion. Untuk baterai jenis lithium ion lebih banyak digunakan untuk keperluan sistem panel surya.

  • baterai gel 150ah 12v panel surya
  • Baterai gel 120ah 12v panel surya
  • baterai panel surya gel 100ah 12v voz

Dalam sistem panel surya, selain baterai dan panel surya juga dibutuhkan alat penting lainnya, yaitu Inverter. Inverter di sini berfungsi mengubah arus DC yang dihasilkan dari panel surya dan baterai menjadi arus AC yang umum dipergunakan untuk peralatan listrik di rumah.

Baca juga >> Fungsi Solar Power Inverter

Bumi Energi Surya adalah distributor Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Pompa Air Tenaga Surya (PATS), Solar Home System (SHS), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Solar PanelController.

Kami berpengalaman membangun PATSPLTSPJUTSSHS di berbagai wilayah di Indonesia untuk keperluan pribadi, instansi pemerintah, dan swasta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk rumahan atau skala besar silakan hubungi kami.